Jenis Motif Batik Terpopuler di Indonesia - The Pitu Batik Cirebon

Breaking

Minggu, 22 Oktober 2017

Jenis Motif Batik Terpopuler di Indonesia



Walaupun jenis batik di Indonesia sangat beragam, tetapi tidak semuanya tergolong populer di kalangan masyarakat. Ada beberapa motif batik yang tak asing lagi dan sangat digandrungi. Berikut ini ulasan tentang 8 jenis motif batik terpopuler di Indonesia :



Batik Mega Mendung

 




Jenis batik yang pertama ini berasal dari Cirebon. Bentuk awan berukuran besar dengan warna mencolok adalah ciri khasnya. Selain biru, aneka warna lainnya seperti merah tua, ungu, dan hijau tua juga sangat disukai.

Batik Tujuh Rupa Pekalongan


Menyebut tentang batik belum lengkap jika tak membahas tentang Pekalongan. Kota yang satu ini memang terkenal dengan motif batik yang elegan. Variasi motifnya didominasi oleh tumbuh-tumbuhan meskipun ada pula motif lain berupa hewan. Batik Pekalongan memiliki keunikan tersendiri karena dipengaruhi oleh budaya perdagangan antar bangsa sejak zaman dahulu. Kombinasi batik tujuh rupa dengan aneka warna sangat mudah dipadukan dengan pakaian berbahan polos. 

Batik Parang Rusak



Variasi motif parang rusak sangat populer di kalangan pecinta batik. Selain dijadikan bahan pakaian, batik parang rusak pun mudah ditemui pada jarik dan produk kerajinan berbahan batik lainnya. Motif parang rusak mengandung arti mendalam yaitu peperangan manusia dalam melawan sifat-sifat buruk dan nafsu selama hidup.

Batik Priyangan Tasikmalaya

 

Jawa Barat juga memiliki motif batik kebanggaan dengan nuansa warna lembut. Batik priyangan dari Tasikmalaya dikenal karena coraknya yang rapat, rapi, dan berkelas. Dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan memang identi dengan batik priyangan. Tak heran kalau busana berbahan batik priyangan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan.


Batik Lasem




Lasem adalah suatu daerah yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Batik Lasem memiliki ciri khas berupa warna merah menyala. Karena varian batik yang satu ini sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina. Corak tiga negri, latohan, dan krecak biasanya jadi primadona. Kalau berkunjung ke Jawa Tengah, sempatkan diri untuk singgah ke Lasem dan membawa pulang batiknya sebagai oleh-oleh.

Batik Bali




Siapa sih yang tak kenal dengan Bali. Varian batik dari Pulau Dewata ini juga amat menarik. Motif batik Bali banyak terinspirasi dari aneka jenis hewan seperti kura-kura, burung, bangau, dan rusa. Selain itu, motif simetris beraneka warna juga jadi ciri khas batik Bali. Salah satu yang kini sedang menjadi tren adalah batik prada yang mudah dikreasikan menjadi aneka model pakaian.

Batik Pring Sedapur Magetan




Bila Anda menyukai motif batik yang simpel dan penuh filosofis, batik pring sedapur Magetan adalah pilihan yang tepat. Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar bambu dan acap kali digunakan dalam pembuatan taplak meja. Filosofinya sederhana namun mendalam, karena bambu mampu menggambarkan hidup yang rukun dan tenteram. Meneladani karakter bambu berarti membuat diri sendiri bermanfaat bagi orang lain hingga akhir hayat.

Batik Malang




Kota Malang juga punya batik kebanggaan yang ciri khasnya menarik untuk ditelusuri. Warna-warna cerah adalah salah satu keunikan batik Malang. Kombinasi motifnya pun istimewa, yaitu gambar-gambar candi yang ada di kota tersebut. Hanya sekali lihat saja, Anda pasti langsung dapat mengenali keistimewaan batik Malang.
(M.Indra Heriyanto)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis - Jenis Batik Indonesia yang Hampir Punah Keberadaannya

1. Motif Batik Tegalan Batik ini dikabarkan hampir punah yang diberitakan oleh salah satu media nasional. Sejumlah motif tua ini tergus...

Laman