Berbagai Bahan Kain yang Digunakan Saat Membuat Batik - The Pitu Batik Cirebon

Breaking

Minggu, 22 Oktober 2017

Berbagai Bahan Kain yang Digunakan Saat Membuat Batik


Ada 3 jenis bahan kain yang kerap digunakan untuk bahan dasar batik, yaitu : 

Kain Mori


Kain mori adalah kain tenun hasil olahan pabrik dengan anyaman polos dan diputihkan maupun belum yang terbuat dari bahan dasar kapas. Bleaching adalah kain mori yang mengalami proses pemutihan. Sedangkan Blacu adalah kain mori yang belum diputihkan.

Kain mori terbagi menjadi 3 macam menurut kualitasnya, yaitu:
  • Kain mori primisima
Kain mori primisima adalah jenis kain no.1 secara kualitas. Ketebalan benang tinggi, anyaman rapat sehingga kainnya halus dan padat. Susunan benang yang di pakai Ne 50-56. Kepadatan benang untuk lusi antara 105-125/inch ( 42-50/cm ). Pakan antara 100-120/inch ( 42-50/cm ). Sekarang ini di produksi kain mori primisima mercerized maupun sanforized sebagai progres atas kurangnya daya serap kain mori primisima terdahulu. Kain mori ini digunakan untuk membuat batik tulis dan batik lukis. Baru- baru ini kain mori primisima di buat batik ciprat.
  • Kain mori prima
Kain mori prima adalah jenis kain kualitas no.2 sesudah kain mori primisima. Ketebalan benang sedang, anyaman sedikit longgar, spesifikasi nomor benang sedikit lebih kasar. Namun tidak panas (adem) dipakai. Susunan benang kain mori prima menggunakan Ne 36-46 dan mengandung kanji kurang lebih 10 %. Kain jenis ini digunakan untuk membuat batik tulis, batik ciprat maupun batik cap.
  • Kain mori biru
Kain mori biru adalah jenis kain mori kulaitas no.3. Ketebalan benang dan pegangan lebih kasar. Jenis kain ini tidak digunakan unruk membuat batik halus. Hal ini disebabkan, karena susunan benang kain mori biru menggunakan Ne 28-36. Benang pakan Ne 26-34, sehingga dapat mempengaruhi proses pembatikan dan pewarnaan batik tulis.
Kemajuan teknologi dan daya saing membuat perkembangan dunia tekstil mencari inovasi dan kreasi menciptakan jenis kain batik terbaru. Kualitas tinggi dan harga bersahabat akan menjadi motivasi dalam berinovasi mencari jenis batik terbaru dari bahan tertentu.

Kain Katun



Kain katun adalah kain yang sering dan umum digunakan untuk membuat batik. Berikut adalah beberapa tingkatan kain katun:
  • Kain katun primisima
Kain katun primisima adalah jenis kain kualitas no.1. Kain ini umumnya lebih tebal dengan serat lebih besar darti katun prima. harganya yang mahal sesuai sebanding kualitas yang ditawarkan.
  • Kain katun prima
Kain katun prima adalah jenis kain kualitas no.2. Kain ini sedikit lebih rendah dari kain primisima baik dari tebal benang dan serat lebih longgar. Akan tetapi kain katun prima masih adem atau tidak panas di pakai dan banyak di sukai oleh pemburu batik karena harga yang terjangkau.

Kain Sutera

 
Sutera terbuat dari serat kepompong ulat sutera.Sutera merupakan salah satu bahan pakaian terindah di dunia.Sejak jaman dahulu, sutra telah digunakan untuk pakaian yang istimewa. Saat mengenakan pakaian yang terbuat dari sutra, kita akan merasakan kenyamanan dan kelembutan dari bahan sutra tersebut. Namun pakaian yang terbuat dari sutra memiliki banyak keunggulan.

(M.Indra Heriyanto)







 
 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis - Jenis Batik Indonesia yang Hampir Punah Keberadaannya

1. Motif Batik Tegalan Batik ini dikabarkan hampir punah yang diberitakan oleh salah satu media nasional. Sejumlah motif tua ini tergus...

Laman