6 Hal Penting Batik Tulis - The Pitu Batik Cirebon

Breaking

Sabtu, 21 Oktober 2017

6 Hal Penting Batik Tulis

 


     Kesenian batik memang sudah selalu menjadi budaya bagi setiap masyarakat di daerah Indonesia. Di mulai sejak zaman kerajaan dulu, batik sudah sangat terkenal akan keindahan dan coraknya yang menawan. Pakaian yang mempunyai suatu corak serta motif unik tertentu sering digunakan oleh masyarakat bangsawan pada saat itu. 

   Selain keunikan dan juga detail dari setiap corak kain batik, ternyata cara pembuatan batik tidak semudah seperti yang kalian kira. Karena dalam membuat sebuah kain batik itu membutuhkan sebuah ketelitian serta kesabaran. Salah satu cara membuat kain batik adalah dengan menggunakan batik tulis, yang sampai saat ini proses pengerjaan batik tulis masih terus dilakukan.

   Seiring dengan berkembangnya waktu, batik menjadi semakin disukai oleh setiap masyarakat di Indonesia. Batik telah menjadi sebuah warisan budaya dunia yang telah diresmikan oleh UNESCO sejak tanggal 2 oktober 2009 yang telah membuat seluruh masyarakat Indonesia semakin bangga dengan adanya keberadaan kain batik tersebut.

    Batik Tulis merupakan cara menghasilkan proses pembuatan batik yang secara teknis pembuatan motifnya ditulis secara langsung atau manual.
 Kelebihan Menggunakan Batik Tulis

Kelebihan menggunakan batik tulis
  • Menggunakan batik tulis itu sangat eksklusif karena dapat terkesan elegan serta terasa beda feelnya bagi yang memakainya.
  • Batik tulis menggunakan motif yang sangat khas dan juga unik, walaupun mempunyai motif yang sama, tetapi tidak mungkin terdapat batik tulis yang kembar sebab sifat batik tulis ini digambar secara satu persatu dengan memakai tangan.
  • Permukaan di kedua sisi kain mempunyai kualitas warna yang tetap sama sebab teknik pewarnaannya dengan menggunakan pencelupan.
  • Mempunyai nilai seni yang sangat tinggi dikarenakan proses pengerjaannya sangat rumit serta juga sangat detail yakni membuat desainnya, lalu memindahkan desain tersebut ke kain, kemudian menyanting, lalu mulailah pewarnaan.

 Kekurangan Menggunakan Batik Tulis

Kekurangan menggunakan batik tulis
  • Menggunakan batik tulis umumnya motif-motif yang dibuat bisa dikatakan rumit serta membutuhkan suatu ketelatenan yang sangat ekstra.
  • Dalam membuat batik tulis yang pasti menggunakan cating itu membutuhkan waktu yang bisa dibilang cukup lama, yaitu bisa mencapai 3 sampai 4 minggu untuk proses pembuatannya.
 
 
 
 
  Post By Anne Tiaristi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis - Jenis Batik Indonesia yang Hampir Punah Keberadaannya

1. Motif Batik Tegalan Batik ini dikabarkan hampir punah yang diberitakan oleh salah satu media nasional. Sejumlah motif tua ini tergus...

Laman