Keindahan Batik Cirebon - The Pitu Batik Cirebon

Breaking

Senin, 23 Oktober 2017

Keindahan Batik Cirebon



       Hi, apa kabar semuanya ? rasanya tidak lengkap berkeliling Cirebon tanpa membawa oleh-oleh khas dari kota udang dan nampaknya oleh-oleh makanan sudah terlalu umum. Kali ini saya akan membahas batik cirebon mega mendung yang merupakan batik khas dari Cirebon. Oh ya sedikit tentang Cirebon, bagi kalian yang belum tahu dimana itu Cirebon. Cirebon itu adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang terletak di bagian timur, dan berbatasan dengan Jawa Tengah. kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah produsen beras yang terletak di jalur pantura.

     Perlu di ingat bahwa di Cirebon ada banyak sekali objek wisata yang bisa kalian kunjungi, dari mulai wisata sejarah dan kesenian Cirebon, wisata kuliner hingga wisata belanja yang sangat sayang untuk di lewatkan oleh kalian para pelancong yang ingin berkunjung ke Cirebon.

Motif Batik Cirebon

     Motif atau ornamen batik Cirebon dikelompokkan menjadi ornamen batik Pesisiran dan batik Keraton, yaitu Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Ornamen batik keraton termasuk dalam batik klasik, misalnya motif Paksinaga Liman, Megamendung, Patran Keris, Singa Payung, Singa Barong, dan sebagainya. Ornamen batik Cirebon cukup bervariasi, karena selain dikembangkan oleh keluarga keraton dan masyarakat yang setia kepada sultan, masyarakat Cirebon juga memiliki karakter terbuka terhadap budaya asing. Ornamen yang dihasilkan misalnya ornamen Paksi Naga Liman yang memperoleh pengaruh dari Persia, Soko Cino dari keramik Cina, dan Buraq dari Arab.

     Ornamen batik keraton memiliki pola yang baku, memiliki nilai simbolis, dan bermakna religius. Sementara itu, pola batik pesisiran sangat dinamis dan mengikuti permintaan pasar. Secara garis besar, ornamen Batik Cirebon dapat digolongkan menjadi lima jenis, yaitu Wadasan, Geometris, Pangkaan, Byur, dan Semarangan.

1. Wadasan : Batik yang dihasilkan biasanya disebut batik Keraton, ditandai dengan ornamen-ornamen yang berasal dari Keraton Cirebon. Nama-nama untuk motifnya antara lain adalah Singa Payung, Naga Saba, Taman Arum, dan Mega Mendung.
2. Geometris : Kain yang didesain sebelumnya harus diberi garis-garis dengan bantuan penggaris. Misalnya adalah motif Tambal Sewu, Liris, Kawung, dan Lengko-lengko.
3. Pangkaan (Buketan) : Motif batik menampilkan lukisan pohon atau rangkaian bunga yang lengkap, sering dilengkapi burung atau kupu-kupu. Nama-nama untuk motifnya antara lain adalah Pring Sedapur, Kelapa Setundun, Soko Cina, dan Kembang Terompet.
4. Byur : Motif batik ini ditandai dengan ornamen bunga dan dedaunan kecil yang mengelilingi ornamen pokok secara penuh, misalnya adalah Karang Jahe, Mawar Sepasang, Dara Tarung, dan Banyak Angrum.
5. Semarangan : Motif ini menampilkan penataan ornamen yang sama atau motif ulang yang ditata agak renggang, misalnya adalah motif Piring Selampad dan Kembang Kantil.


Kampung Batik Trusmi Cirebon




Kampung Batik Trusmi Cirebon
Kampung Batik Trusmi Cirebon

      Kampung Batik Trusmi adalah pusat industri batik di Cirebon sekaligus sebagai tempat wisata kuliner. Kampung ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer di sebelah barat Kota Cirebon. Pengrajin batik di desa Trusmi dan sekitarnya, seperti desa Gamel, Kaliwulu, Wotgali, dan Kalitengah, berjumlah lebih dari 3000 tenaga kerja.

       Dan menjadi objek wisata belanja batik yang paling terkenal mulai dari harganya hingga kualitasnya.

       Di sepanjang jalan utama yang berjarak 1,5 km dari desa Trusmi sampai Panembahan, bisa kita jumpai puluhan showroom batik yang nampak berjejer menghiasi setiap bangunan yang ada di tepi jalan. Tentu saja munculnya berbagai showroom ini tak lepas dari tingginya minat masyarakat terutama dari luar kota terhadap batik Cirebon dari mulai showroom batik hingga online shop.

     Awalnya batik Trusmi Cirebon adalah industri rumahan namun sekarang sudah lebih berkembang. Batik trusmi saat ini sudah termasuk destinasi wisata di Cirebon dan batik Megamendung adalah batik khas Cirebon yang sangat diminati bahkan sampai ke mancanegara.

Sekian artikel saya tentang sejarah batik Cirebon dan motif batik Cirebon serta Sekilas Tentang Cirebon tentunya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motifasi kali untuk mencoba berkeliling Cirebon serta membawa oleh-oleh batik Cirebon.




Post By Anne Tiaristi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis - Jenis Batik Indonesia yang Hampir Punah Keberadaannya

1. Motif Batik Tegalan Batik ini dikabarkan hampir punah yang diberitakan oleh salah satu media nasional. Sejumlah motif tua ini tergus...

Laman